Kalo menurut kalian kenapa dua hal ini harus di bahas? Simak jawabannya di postingan kali ini. Jika kita membahas tentang Pengetahuan, maka sangat jauh sekali bedanya sama Pengalaman alias bertolak belakang. Tapi ketika kita membahas tentang Pengalaman, maka dua hal ini sangat berhubungan erat. Dari situ mungkin sobat sudah memahami antara pengalaman dan pengetahuan.poinnya, pengetahuan belum lengkap tanpa adanya pengalaman, sedangkan pengalaman sudah mencangkup di dalamnya pengetahuan. Dalam dunia pendidikan sekarang ini, kita terus di tuntut untuk menggali pengetahuan, suatu pekerjaan yang menurutku sangat membosankan, kita di tuntut untuk mengikuti jalan yang sudah ada.

NEKAT adalah salah satu pengalaman yang sangat bagus MENURUT Saya, orang yang nekat dan cepat mengambil keputusan akan beda hasilnya dengan orang yang mempelajari suatu hal terlebih dahulu. Sebagai contoh, seorang perantau yang ingin pergi ke suatu tempat akan dapat banyak pengalaman dari pada orang yangingin pergi ke suatu tempat tapi sebelum itu banyak pikiran-pikiran negatif dalam dirinya. Pikiran-pikiran negatif itu timbul karna apa yang telah di pelajarinya (sebut : Pengetahuan) tentang dunia luar. Sebagai contoh pikiran negatif "Bagaimana jika aku tersesat?, Aku ga punya banyak uang untuk pergi kesana, di kota-kota besar banyak pencopet dan perampok, dan lain sebagainya".

Pernah ada pepatah mengatakan "Pengalaman adalah guru yang baik". Saya sangat setuju sekali dengan penggalan kalimat ini karna itu sudah terbukti benar. Di dalam pengalaman kita sudah mendapatkan yang namanya pengetahuan, sedangkan pengetahuan belum tentu di dalamnya ada pengalaman, SETUJU? udahlah setuju aja, sudah terbukti kok... ckckck. Ada cerita tentang kisah dua orang anak, yang satunya ingin keliling-keliling ke seluruh kota di Indonesia tapi tidak tahu nama kotanya dan hanya bemodalkan nekat (sekali lagi NEKAT) dan satu orang anak lagi yang tahu tentang nama-nama kota dan di dalamnya hanya melalui pelajaran di sekolah.

Lalu apa beda dari keduanya, sudah jelas sangat beda. Anak yang pertama akan mendapatkan banyak pengalaman dan pastinya pengetahuan selama dia menetap di suatu kota dan dalam perjalanannya, stidaknya dia mengingat nama daerah tersebut, dan pastinya mengetahui banyak hal di dalamnya seperti, budaya, adat istiadat, suasana daerah, dan juga orang-orang yang ada di dalamnya. Sedangkan anak yang kedua, dia hanya ada pengetahuan tentang daerah tersebut tanpa terjun langsung ke daerah tersebut. Dia hanya mendapat pengetahuan, mendengar dari orang-orang, membaca dari buku-buku dan apa yang di jelaskan dosen, sedangkan semua itu belum tentu benar adanya.

Pada blog ini, sengaja diskripsinya Saya tuliskan "Kumpulan Wawasan & Ilmu Pengetahuan" (bisa lihat di atas), kenapa? Pada kata Kumpulan Wawasan berarti semua isi pada blog ini adalah pengalaman yang Saya alami dan sudah Saya lakukan. Sedangkan kata Ilmu Pengetahuan adalah bentuk dari semua postingan yang ada di blog ini yang hanya dapat Anda pelajari. kenapa bukan Pengalaman? Karna semua postingan ini adalah materi (sebut : pengetahuan) yang bisa Anda pelajari untuk bisa mempraktekkannya (sebut : pengalaman). pada blog Saya yang berjudul "My Adventures" (bukan : My Knowledge) adalah bentuk pengalaman yang pernah Saya alami (tapi kurang aktif memposting).

Intinya, pengetahuan tanpa pengalaman itu Bullshit, bukan apa-apa. manfaatkan apa yang Anda ketahui dengan cara terjun langsung ke dalamnya. Mungkin ini saja dari Saya, sampai jumpa di postingan yang lebih menarik selanjutnya. See you...

"Jangan menunda-nunda pekerjaan yang hasilnya baik untuk Anda, karna jika Anda menunda suatu pekerjaan akan berdampak buruk bagi Anda sendiri, cepatlah mengambil langkah, untuk Anda sendiri dan untuk banyak orang, karna sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi banyak orang"



These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati