Mahasiswa disebut-sebut sebagai agen perubahan karena dari itu mahasiswa lebih diunggulkan dari sekolah di bawahnya, tapi ingat, mahasiswa tidak akan di tempuh tanpa perjalanan dari bawah, jadi mari kuliah. di Indonsia, begitu banyak kampus-kampus bagus yang tersebar di seluruh nusantara dari ujung pulau Sumatra sampai pulau Papua, dan sangat begitu banyak pula mahasiswa-mahasiswa yang tersebar dan bahkan ribuan mahasiswa Indonesia ada di luar negeri. Sedangkan di Indonesia sendiri, yang paling banyak adalah di pulau Jawa dan Sumatra.

73% mahasiswa di Indonesia adalah mahasiswa perantau (berdasarkan survei saya sendiri :D), ada yang dari Sumatra ke Jawa dan sebaliknya, kalimantan, Sulawesi, NTT, NTB, Papua dan bahkan dari daerah masing-masing seperti misalnya Yogjakarta ke Malang dan sebaliknya. Saya sendiri merantau dari pulau Bangka ke pulau Jawa khususnya di kota Malang. Ada yang bilang hidup merantau itu susah tapi bagi saya yang bilang seperti itu adalah bagi mereka yang tidak berpikir karena pernyataan itu salah besar. Jika kita bandingkan sisi positif dan posisi negatifnya, sudah lebih jelas sisi positifnya lebih besar, ini karena kita berpikir, berpikir maju.

Disini kita tidak akan membahas sisi negatifnya tapi sebaliknya, kita akan membahas sisi positif dari merantau itu sendiri khususnya bagi mahasiswa. Sebelumnya saya ksih acungan jempol buat mereka yang lagi merantau untuk menuntut ilmu pastinya. Mahasiswa perantau sudah jelas mempunyai banyak pengetahuan, pengalaman dan saya salut buat mereka mempunyai tekad yang kuat untuk merantau (banggain diri sendiri). Saya sendiri suka mempelajari kebudayaan suatu daerah dan selanjutnya kita bisa membandingkan kebudayaan di daerah kita dengan kebudayaan tempat kita merantau, kita bisa memperbaiki kebudayaan yang buruk atau yang kurang akan ilmu pengetahuan dengan kebudayaan yang lebih maju yang kita pelajari saat kita merantau.

Yang paling saya senang pas kita merantau adalah, kita akan bertemu banyak suku, teman-teman dari berbagai daerah di Indonesia dan bahkan luar negeri, kita bisa belajar hal baru dari mereka kita belajar segala sesuatu dan lebih-lebih sedikit banyak kita akan mengerti bahasa mereka, dengan begitu kita sudah menguasai beberapa bahasa dari berbagai daerah. Indonesia mempunyai banyak suku, banyak daerah dan juga bahasa, Indonesia kaya akan bahasa dan kita bebas untuk menguasainya. Dan satu lagi manfaat merantau yang menurut saya bagus yaitu masalah ilmu, untuk ilmu jangan diragukan lagi, kita akan mendapatkan banyak ilmu baru jika kita merantau ke suatu tempat, misalnya agama, kebudayaan memengaruhi agama. Jadi kita bisa sharing dengan teman maupun dosen kita tentang agama dan dengan kita mengerjakan suatu menurut kebudayaan disana, maka kita dapat ilmu baru, sangat benar. Dan dengan merantau kita juga tau betapa kuat keyakinan orang-orang tempat kita merantau tentang agama, that's right.

Untuk masalah pekerjaan, lagi-lagi kita bisa melihat kembali ke potensi pekerjaan di daerah asal kita. Kita bisa melihat pekerjaan-pekerjaan yang ada di daerah tempat kita merantau untuk dijadikan ide membuka usaha di tempat daerah asal kita. Bagi kita yang berada di daerah perkampungan, begitu banyak ide-ide baru di daerah kita merantau tentang pekerjaan yang bisa kita terapkan di daerah asal kita, terutama di sektor pertanian. Kita bisa melihat teknologi-teknologi modern yang di gunakan dalam pertanian yang ada di kota-kota besar indonesia kemudian kita terapkan di daerah kita, bahkan memungkinkan kita untuk membuka peluang uasaha bagi orang lain. Kita dapat semua ini dengan meratau. Tapi ingat, merantau kita niatkan untuk belajar, meraup ilmu yang melimpah di negeri orang.

Tadi saya ingin membagikan sebuah lagu khususnya untuk anak kos karena lagu ini sangat bagus untuk kita resapi, tapi sebelumnya yuk kita liat liriknya di bawah ini;

Cita-Cita Mahasiswa Perantau
Oleh: unknown

Beginilah nasib hidup anak kos-kosan
Terkadang tidur hanya berbantal tangan
Dengan beralas tikar seadanya
Walau begitu tak jadi masalah

Beginilah nasib hidup anak kos-kosan
Biaya makan haruslah juga ditakar
Kalaulah tidak pasti akan kekurangan
Transfer bulanan telat dari orang tua
Akhirnya numpang pada jualan tetangga

Ku kan bersabar walau pun hidupku susah
Ku kan bertahan sampai tiba masanya
Ku pakai toga dengan titel sarjana
Dapat ijazah modal buat cari kerja

Bila waktunya tagihan kamar kos tiba
Pusing kepala mau cari kemana
Sedang biaya SPP ku belum lunas
Malu rasanya numpang di dompet pacar

Aku takut sang pacar minta imbalan kos
Apalagi imbalannya berlebihan
Pacar aku pelit dan kurang pengertian
Mau di putus tapi ku terlanjur sayang

Reff
Beginilah nasib hidup anak kos-kosan
Terkadang pula harus terpaksa puasa
 Karna ku malu ketahuan habis modal
Alasan ku pada kawan cari pahala

Beginilah nasib hidup anak kos-kosan
Terasa lapar itu sudah hal biasa
Kalau habis sudah jatah makan bulanan
Terpaksa numpang makan di piring pacar
Nasi mie instan jadi nikmat terasa

Belum lagi tuk biaya malam mingguan
Buat ngapelin my soulmate yang tersayang
Perlu cumbu seminggu sekali katanya
Agar hubungan bisa langgeng selamanya

Aku berharap hidupku di masa depan
Hidup sejahtera menjadi seorang pejabat
InsyaAllah impian jadi kenyataan
Kamar kos-kosan ku sulap istana raja

Makanya kuliah tak pernah ku abaikan
Pelajaran tetaplah ku nomor satukan
urusan cinta itu boleh-boleh saja
Dosenku bilang hidup hambar tanpa cinta

Itulah lirik lagunya, mantap bukan. ;) Ayo di download di link di bawah ini.






 
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati